Soal Calon Kapolri, PP Pemuda Muhammadiyah Tegaskan Tidak Akan Ikut Campur

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Sunanto.

FAJAR.CO.ID — Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah dikatakan mendukung salah satu calon Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri), Komjen Pol Boy Rafli Amar untuk menggantikan Jenderal Idham Azis. Idham sendiri akan memasuki masa pensiun pada Februari 2021.

Atas hal tersebut, Ketua Umum (Ketum) PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto menyatakan bahwa sikap dukungan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Sandro Andriawan kepada Boy adalah pernyataan secara personal.

“Hal tersebut merupakan pandangan pribadi, bukan merupakan sikap resmi organisasi,” terang dia melalui keterangan tertulis, Minggu (27/12).

Menurut Sunanto, pihaknya tidak akan ikut campur dalam penyuksesan pemilihan Kapolri. “PP Pemuda Muhammadiyah adalah organisasi kemasyarakatan yang fokus pada gerakan dan pemberdayaan pemuda, tidak memiliki kepentingan terhadap suksesi kepemimpinan di Polri,” terang dia

Sebagai bagian komponen bangsa, kata Sunanto, PP Pemuda Muhammadiyah tentunya tidak boleh apatis dan tidak memiliki sikap yang jelas terkait masalah kebangsaan.

“PP Pemuda Muhammadiyah mengambil sikap untuk mendukung siapapun kader terbaik bangsa yang akhirnya akan memimpin Polri,” tambahnya.

Para calon Kapolri ini diharapkan memiliki kemampuan dan pengalaman sesuai dengan syarat yang diatur dalam peraturan perundang-undangan tanpa diskrimnasi suku, agama, ras, dan golongan. (jpc)

Komentar


KONTEN BERSPONSOR