Agar Cepat Bangkit, Digitalisasi Pariwisata Perlu Digalakkan

Senin, 28 Desember 2020 12:11

Destinasi wisata air Bantimurung tetap jadi primadona di Sulsel.

fajar.co.id, makassar — Tidak hanya pelaku usaha, akademisi juga berharap banyak pada menteri baru, Sandiaga Uno untuk membangkitkan sektor pariwisata.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas, Prof Marsuki DEA menilai, dengan latar belakang pengusaha dan jaringan bisnis yang luas, Sandiaga Uno akan bisa memberi dorongan positif untuk kepariwisataan.

“Semoga ada program kepariwisataan Sulsel yang segera bisa dipromosi dengan proyek yang relevan proyek nasional,” harapnya.

Selain itu, Rektor IBK Nitro ini menyarankan, perlu ditingkatkan fasilitas pelayanan telekomunikasi atau digitalisasi dalam berbagai aspek fasilitas kepariwisataan. Bisa dengan menggunakan jaringan jasa web, fasilitas media sosial, dan fasilitas digitalisasi yang ada.

“Sektor pariwisata juga perlu mengikuti perkembangan sesuai masa sekarang. Pengelolaannya saja yang perlu dioptimalkan,” sarannya.

Terkhusus di Sulsel, Prof Marsuki bilang, pariwisatanya sangat menjanjikan. Didukung letak geografis yang strategis, lingkungan sosial budaya, religi dan alamnya. Termasuk tingkat kemajuan infrastruktur, kelembagaan ekonomi, keuangan, dan pendidikan, serta SDM-nya.

“Dalam jangka pendek perlu menetapkan target wisata yang difokuskan dahulu ke daerah-daerah yang sudah dikenal, seperti Toraja, Maros, Wajo, Selayar dan Bulukumba. Saya rasa sementara ini pemerintah sekarang sudah semakin serius mengusahakan hal tersebut. Semoga ke depannya akan lebih baik,” imbuhnya. (tam/rif-zuk)

Komentar


VIDEO TERKINI