Konsumsi Rebusan Cengkih, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin, 28 Desember 2020 08:45

Ilustrasi cengkeh. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Cengkih mengandung banyak manfaat kesehatan. Cengkih bisa membantu Anda melawan masalah gigi dan banyak lagi.

Air cengkih juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Membunuh bakteri berbahaya

Cengkih memiliki sifat antimikroba yang bisa membantu menghentikan pertumbuhan mikro-organisme berbahaya. Bakteri tersebut bisa menyebabkan kram, kelelahan, dan diare.

  1. Menyehatkan tulang

Cengkih dipercaya bisa membuat tulang menjadi sehat. Sebab, dalam cengkih terdapat ekstrak hidrokarbon yang termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya, yakni flavon, isoflavon, dan flavonoid.

Ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan mineral tulang. Sehingga bisa menguatkan tulang penderita kasus osteoporosis.

  1. Mengobati sakit maag

Sakit maag disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti stres dan infeksi. Sebuah penelitian membuktikan cengkih bisa meningkatkan produksi lendir lambung.

Kegunaan cengkih ini bisa berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung. Sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

  1. Mencegah kanker

Air rebusan cengkih juga diperkaya oleh antioksidan eugenol. Kandungan tersebut bermanfaat melawan radikal bebal dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain itu, vitamin C yang ada di dalamnya juga bertindak sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir.

  1. Mengontrol diabetes

Manfaat air rebusan cengkih lainnya bisa mengendalikan kadar gula darah. Sebab, cengkih diketahui mengandung senyawa yang disebut Nigericin. Senyawa ini membantu pengaturan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Komentar