Lonjakan Kasus, RS Rujukan Kewalahan Tampung Pasien

Senin, 28 Desember 2020 09:00

Petugas medis dan UPAS Dishub DKI Jakarta mengevakuasi pasien manula terkonfirmasi COVID-19 dari panti di kawasan Cengka...

Kepala Bidang Keperawatan RSUD dr Soewandhie dr Billy SpB menyampaikan, pihaknya tidak bisa lagi menerima pasien Covid-19. Dari 64 kapasitas tempat perawatan pasien yang terpapar virus korona, semua sudah terisi. ’’Bed sudah penuh oleh pasien,’’ kata Billy.

Selain itu, ada lima pasien Covid-19 di ruang ICU. Di ruang IGD, juga sudah ada delapan pasien positif Covid-19. Mereka dirawat di IGD sambil menunggu ruang perawatan yang tersedia.

Bahkan, ada juga pasien Covid-19 anak-anak yang dirawat secara terpisah dengan pasien dewasa. ’’Sudah penuh semua. Dengan kondisi ini, kita pertimbangkan untuk memperbesar ruang perawatan,’’ papar Billy.

Berdasar data yang diterima Jawa Pos dari Sistem Integrasi Rumah Sakit Covid-19, ada sejumlah rumah sakit yang terkonfirmasi sudah penuh. Ruang perawatan yang disiapkan untuk pasien Covid-19 sudah terisi. Di antaranya, RS PHC Surabaya, RS Adi Husada Undaan, RS RKZ Surabaya, RS Husada Utama Surabaya, RS Bhayangkara Surabaya, dan RS Universitas Airlangga.

KASUS BARU MENINGKAT, RS KEWALAHAN

– Pasien baru Covid-19 terus bertambah di sejumlah rumah sakit rujukan

– Kasus meningkat sejak akhir Oktober sampai sekarang

– Banyak ditemukan klaster keluarga dan klaster institusi perkantoran

– Ketersediaan ruang perawatan di RS menjadi menipis. Bahkan, bed di sejumlah RS penuh. Di antaranya, RSUD dr Soewandhi, RS PHC Surabaya, RS Adi Husada Undaan, RS RKZ Surabaya, RS Husada Utama Surabaya, RS Bhayangkara Surabaya, dan RS Universitas Airlangga

Komentar


VIDEO TERKINI