Polri Gerebek Markas Jamaah Islamiyah, Tempat Latihan Militer Calon Pimpinan Teroris

Senin, 28 Desember 2020 14:42

Polri, Gerebek, Markas, Jamaah Islamiyah, Latihan Militer ,Calon, Pimpinan, Teroris

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Polri kembali berhasil mengungkap aktivitas kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Setelah menangkap puluhan anggota JI di Lampung, kini Densus 88 Antiteror membongkar pusat pelatihan calon pimpinan JI di Desa Gintungan, Semarang, Jawa Tengah.

Kadivhumas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan, pusat pelatihan tersebut berada di sebuah vila yang digunakan untuk memberikan pembekalan militer sebagai salah satu program organisasi JI. Pelatihan itu bertujuan membentuk pasukan militer yang militan. ”Para rekrutan yang masih muda itu dilatih bela diri serta menggunakan senjata tajam seperti samurai dan pedang,” terangnya dalam keterangan tertulis kemarin (27/12).

Bahkan, ada pelatihan menggunakan senjata api, merakit bom, hingga keahlian perbengkelan. Berbekal pelatihan tersebut, anak-anak muda yang direkrut JI sangat mungkin dilatih menjadi ahli tempur dan sergap.

”Kelompok JI ini menyebutnya sebagai pasukan khusus dengan seragam khusus,” ungkapnya.

Salah seorang pelatih di pusat pelatihan JI tersebut adalah seorang terpidana kasus terorisme bernama Joko Priyono alias Karso. Karso tertangkap pada 2019 dan telah divonis hukuman 3 tahun 8 bulan penjara. Karso menjadi pelatih atas perintah Para Wijayanto, amir atau pimpinan JI yang juga telah tertangkap.

Para Wijayanto adalah amir JI yang berpengalaman mengikuti pelatihan militer di Moro, Filipina. Pelatihan itu diadakan kelompok Abu Sayyaf yang berafiliasi dengan Al Qaeda. Karena itu, kemampuan kelompok tersebut dalam merakit senjata dan bom tidak perlu dipertanyakan.

Bagikan berita ini:
6
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar