Waspada DBD di Musim Hujan, Sudah Banyak Korban

Senin, 28 Desember 2020 10:26

Nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD) yang mewabah di sejumlah daerah. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Di musim hujan, tak hanya pandemi yang perlu diwaspadai. Banyak penyakit lain yang mengintai, Demam Berdarah Dengue (DBD) salah satunya.

Pakar Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Muslim Indonesia, Nurlinda mengatakan, saat musim hujan, banyak genangan air yang berpotensi menjadi tempat perkembangan nyamuk. Termasuk nyamuk Aedes Aegypty dan Aedes Albopictus.

Gigitan nyamuk ini menularkan virus dengue yang menyebabkan penyakit DBD. Makanya sangat penting menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, genangan dan banjir juga bisa memicu penyakit lain. Kencing tikus dan segala kotoran lainnya ada dalam air bekas banjir. Bila ada luka atau masuk melalui makanan dan peralatan makan maka bakteri dari air seni hewan ini bisa menyebabkan leptospirosis.

“Banjir menyebabkan kualitas air sumur tercemar. Air kotor menjadi penyebaran bakteri penyebab diare yakni Campylobacter, Salmonella, Shigella, dan E. Coli,” papar Nurlinda, Minggu (27/12/2020).

Linda menyampaikan, tak ada cara lain mencegahnya selain jaga kebersihan. Semua peralatan masak dan bahan pangan sebelum diolah, pastikan dicuci dengan air bersih dan mengalir. Usahaan bahan pangan yang dimasak matang agar semua bakteri mati.

Bagikan berita ini:
6
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar