Batal Sewa Helikopter, Gubernur Sulsel: Manfaatkan Fasilitas yang Ada

Selasa, 29 Desember 2020 10:54

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengaku batal menyewa helikopter yang akan digunakan untuk melakukan pemantauan atau menyalurkan bantuan bencana.

Ia menyebut hingga kini, pihak Pemprov Sulsel masih menggunakan fasilitas yang ada yakni helikopter yang disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat.

“Kita belum. Inikan BNPB yang standbye kan helikopternya di sini,” kata Nurdin.

Begitupun dengan rencana tahun depan, ia menuturkan hingga kini belum kepikiran untuk menyewa helikopter.

“Yang pasti masih ada beberapa fasilitas helikopter yang ada di sini,” ungkapnya.

Sementara, Kepala BPBD Sulsel, Nimal Lahamang, mengatakan, hadirnya fasilitas helikopter merupakan tindak lanjut dari SK darurat bencana yang ditujukan ke BNPB.

Ia mengungkapkan helikopter tersebut mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin pada Jumat (25/12/2020) lalu dan telah digunakan gubernur untuk melakukan pemantauan Bendungan Bili-bili.

Terkait anggaran, ia menjelaskan dana operasionalnya akan ditangani oleh Pemprov Sulsel.

“Kita belum tahu berapa, yang jelas sampai tanggal 31 Maret,” bebernya.

Sedangkan ikhwal rencana penyewaan, kata Ni’mal telah disiapkan angggarannya. Namun belakangan dipangkas sebanyak Rp60 miliar dari pagu Rp100 miliar.

“Perhitungannya itu kan tadinya dari Rp100 miliar. Akhirnya karena agak kesulitan kalau saya mau beli karena prosesnya panjang, jadi diharapkan sewa saja, makanya turunkan nilainya,” jelasnya. (Anti/fajar)

Komentar