Ferdinand: Wisata Halal Memang Baik, tetapi…

Selasa, 29 Desember 2020 14:07

Mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. (@FerdinandHaean3/Twitter)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wisata halal kembali ramai dibicarakan setelah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja (kunker) perdana ke Bali. Di sana, Sandiaga membahas soal konsep wisata halal.

Menurut mantan kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean, konsep wisata halal memang baik. Namun tidak perlu harus menggusur tradisi lokal.

“Menurut saya wisata halal tak harus menggusur tradisi lokal yang ada tapi membangun sarana untuk wisatawan Muslim dalam kategori halal. Jadi jangan dipertentangkan tapi disandingkan,” ucap Ferdinand lewat twitternya, Selasa (29/12).

Dia mengatakan, jika wisata halal sampai harus menggusur tradisi masyarakat lokal, maka tentu akan adan pertentangan.

“Karena memang tak perlu digusur dan dilarang, karena tidak semua wisatawan yang harus wisata halal. Maka itu, Kemenparekraf sebaiknya berhati-hati dengan konsepnya supaya tidak jadi polemik di masyarakat,” paparnya.

Ferdinand menilai, Wisata halal baik dan harus didukung karenanya perlu memfasilitasi wisatawan yang butuh wisata halal. Mama sebaiknya Kemenparekraf menyediakan fasilitas untuk beribadah, restoran yang halal dan fasilitas lain yang dianggap perlu termasuk penjualan souvenir. Namun Tradisi lama, biarkan tetap ada. (dal/fin).

Komentar


VIDEO TERKINI