Harga Cabai di Gowa Naik Jelang Akhir Tahun

Selasa, 29 Desember 2020 22:26

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah pedagang yang ada di Pasar Minasa Maupa, Kabupaten Gowa keluhkan harga bumbu dapur yang naik menjelang akhir tahun 2020 ini. Salah satunya cabai.

Salah satu pedagang, Risma, mengatakan, kenaikan itu sudah terjadi sejak beberapa hari lalu dan menyentuh harga Rp35 ribu hingga Rp40 ribu per kilo.

“Cuma lombok (cabai) yang naik dari Rp30 ribu naik jadi Rp40 ribu. Naik harganya dari semalam. Tidak tahu faktor naiknya. Mungkin karena tahun baru atau hujan,” katanya, Selasa (29/12/2020)

Selain cabai, kentang juga mengalami kenaikan pada jelang akhir tahun ini. Harga awal kentang hanya Rp140 ribu per kilo. Kini naik sebanyak Rp30 ribu.

“Selain lombok, kentang pernah Rp140 ribu. Sekarang Rp170 ribu. Harga naik sejak dua hari yang lalu,” jelasnya kepada fajar.co.id.

Kata dia, bumbu dapur yang tidak mengalami kenaikan yakni jeruk nipis yang hanya berada di harga Rp5000 rupiah per kilo.

Senada dengan pedagang tadi, Daeng Ngerang juga menyampaikan bahwa harga bawang merah juga mengalami kenaikan.

“Bawang Rp30 ribu per kilo. sebelumnya sempat harganya 25 ribu sekilo dan tergantung kalau banyak barang turun. Kalau sedikit biasa naik. Tidak tentu naik turun harga,” jelasnya.

Para pedagang ini menyebut, kenaikan itu diperkirakan akibat curah hujan yang tinggi dan permintaan meningkat dan membuat harga naik. (ishak/fajar)

Komentar