Risma Sapa Penghuni Kolong Jembatan

Selasa, 29 Desember 2020 13:10

BLUSUKAN: Risma menuruni tangga menuju kolong jembatan Sungai Ciliwung, Jakarta, kemarin. ((KEMENSOS FOR JAWA POS))

Setelah itu, Risma turun ke bawah jembatan dengan menggunakan tangga kayu seadanya yang dipasang warga setempat. Risma menyaksikan beberapa keluarga yang tinggal di bawah kolong jembatan. Di salah satu sudut, berjejer beberapa barang. Ada kasur gulung lusuh, lemari butut, perangkat mandi, hingga sandal jepit yang berserakan.

Aksi blusukan berlanjut. Risma menyusuri bantaran kali sambil menyapa penghuni di sepanjang kawasan tersebut. Kepada warga bantaran yang menyaksikan kedatangan rombongan itu, Risma menyampaikan lagi keinginannya mengubah nasib mereka. ”Bapak ibu, saya hanya ingin panjengan tinggal di tempat yang lebih baik. Ayo Pak, mau ya Pak,” ungkapnya.

Dari bantaran kali, Risma dan rombongan bergerak ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur di Bekasi. Balai itu digunakan untuk rehabilitasi sosial yang bersifat sementara (temporary shelter). Di sini para gepeng mendapat layanan vokasi dalam jangka tertentu. Selanjutnya, pemberdayaan dilakukan dengan bermitra bersama pemerintah daerah masing-masing. (JPC)

Bagikan berita ini:
10
3
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar