Vaksin Corona Gratis di Negara-negara Ini

Vaksin

FAJAR.CO.ID,JAKARTA Di Indonesia pelaksanaan kegiatan vaksinasi dilakukan secara mandiri alias berbayar dan sebagian lagi dilakukan secara gratis, sehingga banyak dari masyarakat yang mungkin enggan melakukan vaksinasi terhadap dirinya.

Namun di sejumlah negara pelaksanaan kegiatan vaksinasi dilakukan secara gratis setelah vaksin terbukti dalam uji klinis tahap terakhir dari sejumlah perusahaan industri farmasi. Pemerintah Indonesia sendiri telah mendatangkan sejumlah 1,2 juta dosis vaksin virus Corona dari Sinovac. 

Vaksin Sinovac merupakan produksi dari perusahaan farmasi asal China yang bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam pengadaan vaksin untuk digunakan dalam kegiatan vaksinasi.

Menurut penjelasan dari Menteri Kesehatan yaitu Terawan Agus Putranto untuk membangun herd immunity vaksinasi harus dilakukan sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu vaksinasi dilakukan kepada 67 persen populasi penduduk dari usia 18 hingga 59 tahun, jika diterapkan di Indonesia maka persentase menunjukkan sekitar 160 juta penduduk yang harus divaksinasi.

Terawan Agus Putranto menyatakan bahwa sebagian besar dari 70 persen dari jumlah persentase harus melakukan vaksinasi mandiri atau berbayar sedangkan 30 persen sisanya akan mendapatkan vaksinasi secara gratis. Dalam urusan mengenai vaksinasi secara mandiri, Menteri Kesehatan Terawan telah bekerjasama dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang akan menangani urusan pada pelaksanaan vaksinasi mandiri.

Kebijakan ini telah ditetapkan pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/9860/2020 tanggal 3 Desember 2020, menurut Erick Thohir pada sebuah webinar pada Sabtu 12 Desember lalu mengatakan jika target 75 juta sudah dapat terlaksana pada bulan Januari tahun depan. 

Komentar


KONTEN BERSPONSOR