Jelang Tutup Tahun, Angka Kasus Covid-19 Naik 3 Kali Lipat

Rabu, 30 Desember 2020 21:38

Ketua Tim Konsultan Covid-19, Prof Ridwan Amiruddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Perayaan akhir tahun akan segera tiba, namun angka kasus Covid-19 di Sulsel semakin melonjak tajam.

Berdasarkan data update perkembangan info situasi Covid-19 Sulsel per 30 Desember tercatat mencapai 538 kasus dengan 3.020 spesimen dan angka reproduksi efektif (Rt) berada di 1,03.

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemologi Sulsel, Ridwan Amiruddin mengatakan dari pertumbuhan kasus sepekan terakhir mengalami peningkatan hingga 3 kali lipat.

“Angka ini cukup mengkhawatirkan dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari beberapa bulan sebelumnya,” katanya singkat, Rabu (30/12/2020).

Bahkan dengan tingginya angka kasus Covid-19 yang mengakibatkan okupansi hotel hampir penuh, Ridwan mengaku apabila di luar negeri dengan angka kasus tinggi, maka sudah masuk zona darurat perang.

“Jadi perlu kewaspadaan dari kita semua,” imbaunya.

Kendati, ia membeberkan sekitar 80 hingga 90 persen Provinsi Sulsel masih berada di zona oranye, namun tetap perlu diwaspadai. Lantaran, kata dia, banyaknya agenda sosial di akhir tahun.

“Natal, rencana buka sekolah. Jadi ini semua potensi, tapi yang menjadi pemicu utama yang lalu karena Pilkada dan musim hujan, sehingga ada beberapa faktor pendukung,” bebernya.

Sedangkan untuk 24 Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan, ia menyebut penyumbang kasus terbanyak berada dominan di Kota Makassar sebanyak 369 kasus, disusul Jeneponto dengan 62 kasus, Sinjai 43 kasus dan Gowa 34 kasus. (Anti/fajar)

Bagikan berita ini:
6
5
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar