Mantan Jubir Gus Dur: Pemerintahan yang Kuat Itu Mampu Sejahterakan Rakyat, Bukan Bubarkan Ormas

Rabu, 30 Desember 2020 19:23

Adhie M Massardi bersama mendiang Gus Dur. (FOTO: TWITTER)

FAJAR.CO.ID — Pemerintah resmi membubarkan Front Pembela Islam (FPI). Pengumuman itu disampaikan Menkopolhukam melalui siaran langsung di youtube.

Tak lama setelah pengumuman itu, mantan Juru bicara Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Adhie M Massardi, menulis cuitan yang menyinggung kebijakan tersebut.

Menurut Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) itu, pemerintahan yang kuat adalah pemerintahan yang mampu mensejahterakan rakyat, bukan membubarkan organisasi masyarakat (Ormas).

Juga, masih menurut Ahie, pemerintahan yang kuat itu bukan dilihat dari seberapa banyak pengkritik yang sudah ditangkap.

“Indikator pemerintah yang kuat itu bukan dihitung dari jumlah pengeritik yang bisa dipenjarakan, atau jumlah ormas yang bisa dibubarkan, tapi berapa jumlah rakyat yang bisa diangkat taraf hidupnya dari kemiskinan ke kesejahteraan. Karena itulah tujuan bernegara,” ujar Adhie Massardi, dikutip fajar.co.id dari akun twitternya, @AdhieMassardi, Rabu (30/12/2020).

Seperti diketahui, pengumuman atau keputusan pemerintah soal FPI dibacakan oleh Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej, seorang guru besar dalam ilmu hukum pidana. Inti dari pengumuman tersebut sudah beredar luas; pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan organisasi yang dibidani Habib Rizieq Shihab itu. (sam)

Bagikan berita ini:
9
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar