Pemerintah Bubarkan FPI, Tagar Front Pejuang Islam Trending di Twitter

Rabu, 30 Desember 2020 22:33

Ilustrasi: Platform medsos Twitter. (TechCrunch)

FAJAR.CO.ID — Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Pulhukam) Mahfud MD telah resmi mengumumkan pembubaran Front Pembela Islam (FPI).

Menyusul pengumuman tersebut, pembahasan mengenai FPI dibubarkan pun ramai diperbincangkan di Twitter. Namun, di satu sisi warganet menentang keputusan itu dan menyerukan perubahan nama FPI menjadi Front Pejuang Islam.

Dari pantauan fajar.co.id saat ini tagar FPI_Front Pejuang Islam langsung menjadi trending Topic di Twitter Indonesia. Hingga berita ini diturunkan (pukul 22.24 Wita) cuitan mengenai Front Pejuang Islam sudah lebih dari 73 ribu cuitan.

Sebagian warganet banyak yang menulis jika memang nama Front Pembela Islam dibubarkan maka akan diganti dengan Front Pejuang Islam. Sejumlah kalimat dan gambar terkait perjuangan FPI pun menyebar luas di twitter.

Sebagai informasi, pemerintah telah menerbitkan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri dan tiga pimpinan lembaga tentang Larangan Kegiatan Penggunaan Simbol dan Atribut Serta Penghentian Kegiatan FPI.

Menko Polhukam Mahfud MD bahkan menyatakan FPI tidak boleh melakukan aktivitasnya. Termasuk juga pelarangan penggunakan logo dan simbol FPI. Hal itu menurut Mahfud, karena FPI sejak tanggal 20 Juni tahun 2019 secara de jure telah bubar sebagai ormas dan organisasi biasa. Pasalnya surat keterangan terdaftar (SKT) ormas tersebut sudah habis dan tidak diperpanjang. (bs-jpnn)

Komentar