Penting! Perbedaan Rapid Test Antibodi dan Swab PCR

Rabu, 30 Desember 2020 17:41

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Selama masa pandemi ini, masyarakat telah mengenal Rapid Test Antibodi dan Swab PCR sebagai metode untuk penapisan awal Covid-19. Kedua jenis metode ini bertujuan untuk menentukan apakah seseorang terpapar Covid-19 atau tidak.

Dalam masa libur hari raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, pemerintah mengeluarkan syarat baru bagi mereka yang hendak bepergian ke luar kota. Syarat yang dikeluarkan pemerintah tersebut adalah kewajiban untuk menyertakan hasil Rapid Test Antigen sebagai syarat perjalanan.

Hal ini telah tertuang melalui Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Kebijakan ini juga memuat pernyataan bahwa anak di bawah 12 Tahun tidak perlu melakukan tes jika melakukan perjalanan domestik.

Tujuan kebijakan penyertaan hasil Rapid Test Antigen ini, guna melacak dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Pemerintah Indonesia mewajibkan setiap masyarakat yang hendak melakukan perjalanan, menunjukkan surat tes dengan hasil negatif.

Lalu, apa perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, dan Swab PCR? Melansir dari liputan6.com, berikut kami beri penjelasan mengenai perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, dan Swab PCR yang wajib diketahui masyarakat sebagai metode untuk mendeteksi keberadaan virus Corona.

Bagikan berita ini:
2
5
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar