Pertanian dan Perkebunan Penopang Utama Ekonomi Sulbar

F

FAJAR.CO.ID, POLEWALI — Pemprov Sulbar berkomitmen terus mendorong sektor pertanian menjadi penopang ekonomi Sulbar. Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar pun berharap petani di setiap kabupaten terus bersemangat.

Salah satu wilayah yang menjadi perhatian Ali Baal adalah Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar. Dia mengaku November kemarin telah menyerahkan bantuan sambung pucuk kakao dan bibit kopi. Ini diharapkan memajukan ekonomi masyarakat Luyo.

“Terus kembangkan pertanian, dan jangan lupa daerah kita juga sedang mempersiapkan pengembangan kedelai, petani juga bisa mengembangkan kedelai,”, tutur Ali Baal, beberapa hari lalu.

Bupati Polman dua periode ini menjelaskan, pertanian adalah sektor yang dapat diandalkan dalam menopang perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Selain itu sektor pertanian dapat mewujudkan ketahanan pangan, tentunya itu berpengaruh pada ketahanan sosial dan penurunan angka kemiskinan.

“Pertanian adalah penyumbang hampir 50 persen terhadap PDRB dan mampu menyerap tenaga kerja tidak kurang 56 persen jumlah penduduk yang bekerja. Petani yang bekerja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus penularan Covid 19,” tutur Ali Baal.

Kepala Dinas Perkebunan Sulbar, Waris Bestari mengatakan sebaran bantuan bibit untuk di Polman menyasar 150 hektar termasuk di Kecamatan Luyo, Tutar, dan titik lainnya. “Tahun depan kita bantu lagi 50 hektar. Mudah mudahan bibit yang diberikan bisa ditanam dan dirawat dan berproduksi dengan baik,” ungkapnya.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR