Usai Pembubaran, Polisi Gerak Cepat Datangi Markas FPI Lalu Copot Semua Atribut

FOTO: JPNN

FAJAR.CO.ID — Puluhan polisi dari satuan Brimob tampak mencopot sejumlah atribut FPI di sekitar Jalan Petamburan III. Mereka datang bersama pasukan TNI mendatangi area Kantor DPP Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Rabu (30/12/2020) sore tadi.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto, mengatakan, pencopotan atribut FPI dilakukan sebagai tindak lanjut dari keputusan pemerintah yang secara resmi membubarkan organisasi yang dipimpin Habib Rizieq Shihab tersebut.

“Kegiatan FPI mulai hari ini tidak boleh dilakukan. Baik banner, pamflet, atribut-atribut yang ada sudah kami lepas semua,” kata Heru saat dikonfirmasi.

Heru menegaskan bahwa pihaknya akan selalu mengawasi area Petamburan guna memastikan tidak ada lagi kegiatan atau aktivitas yang digelar FPI.

“Kami menyakinkan bahwa markas ini tidak ada aktivitas dan tidak ada kegiatan lagi. Kami, saya dan dandim selalu akan mengawasi bahwa SKB (Surat Keputusan Bersama) yang telah ditandatangani akan kami lakukan dan kami tegakan,” ujar Heru.

Diketahui, pemerintah secara resmi membubarkan FPI dan tidak lagi mengakui ormas pimpinan Habib Rizieq Shihab itu. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, pemerintah tidak mengakui keberadaan FPI sebagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan organisasi.

Mahfud mengatakan, keputusan pemerintah tidak mengakui keberadaan FPI mengacu keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 82/PUU-11/2013 tertanggal 23 Desember 2014.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR