Berenang ke Tepian

Sabtu, 2 Januari 2021 08:52

Disway

Oleh: Dahlan Iskan

KITA bisa cari hiburan ke Tiongkok. Agar ikut punya harapan di tahun yang baru ini.

Lihatlah pernyataan dari kampus terbaik Tiongkok ini. Yang dibuat tanggal 30 Desember lalu: ekonomi Tiongkok akan tumbuh 9 persen di tahun 2021.

Tentu siapa saja boleh ragu akan pernyataan itu. Dengan alasan: analisis itu dibuat perguruan tinggi Tiongkok sendiri. Bisa saja ini dianggap sebagai bagian dari glorifikasi diri.

Tapi kampus yang membuat analisis itu adalah Tsinghua University, Beijing. Itu dianggap setara dengan MIT-nya Amerika. Reputasinya sangat tinggi. Banyak melahirkan pemimpin negara.

Saya cenderung sependapat dengan analisis itu. Setidaknya Tiongkok bisa tumbuh 8 persen tahun ini.

Di tahun pandemi 2020 sendiri Tiongkok ternyata masih tumbuh positif: bisa 2,1 persen. Ini termasuk keajaiban tersendiri.

Bahwa tahun 2021 bisa tumbuh 9 persen itu tidak mustahil. Setiap kali sebuah negara berhasil keluar dari kemerosotan pertumbuhan, negara itu bisa tumbuh sangat tinggi. Kita pun, kalau bisa segera keluar dari kesulitan, juga punya potensi tumbuh tinggi seperti itu. Meski mungkin tidak bisa sampai 6 persen –dan kelihatannya tidak bisa terjadi di tahun 2021. Mungkin giliran kita baru tahun 2022. Kalau ada nasib.

Persis setahun lalu, Tiongkok, di tanggal 2 Januari seperti ini, sebenarnya Covid sudah muncul di Wuhan. Tapi tidak ada yang tahu. Dianggap flu biasa. Apalagi memang lagi musim dingin –yang biasanya juga musim flu.

Komentar