Berenang ke Tepian

Sabtu, 2 Januari 2021 08:52

Disway

Lockdown itu berhasil membuat penyebaran virus terhambat. Lalu berhenti. Sampai sekarang jumlah penderita Covid-19 di sana seperti berhenti di angka 87.000. Dengan total meninggal dunia: 4.600.

Bandingkan dengan kita. Yang dulu begitu kasihan kepada Tiongkok. Angka kita sekarang ini: 750.000 (yang terkena Covid) dan 22.000 (yang meninggal).

Belum lagi kalau dibanding dengan negara barat seperti Amerika dan Eropa.

Sampai sekarang memang masih ada penderita baru di Tiongkok. Tapi angkanya hanya 25 atau 15 orang/hari. Dari 1,3 miliar penduduk. Pun sudah tidak pernah ada yang meninggal dunia.

Bahwa masih ada angka baru, itu pun semuanya akibat virus impor.

Boleh dikata sudah tidak ada Covid-19 di Tiongkok. Sejak tiga bulan lalu. Juga sudah sedikit yang pakai masker –kecuali yang punya sikap hidup hati-hati. Memang sempat heboh minggu lalu: wabah menggawat lagi di Beijing. Sumber beritanya dari Turki. Ternyata itu tidak benar. Di sana tetap masih aman.

Kota-kota sudah kembali hidup normal. Tidak ada lockdown baru.

Minggu ini vaksinasi juga mulai dilakukan di sana. Sama dengan negara lain: tenaga kesehatan didahulukan.

Hanya di Tiongkok, yang juga diprioritaskan adalah petugas pelabuhan dan bandara. Juga tenaga transportasi laut dan udara.

Itu karena ancaman Covid-19 ke depan datangnya dari virus impor. Terutama lewat daging dan ikan beku. Lebih utama lagi lewat salmon beku.

Bagikan berita ini:
10
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar