FPI Dibubarkan, Ahmad Basarah: Saatnya Pemerintah Mengayomi Ormas Keagamaan Moderat

Sabtu, 2 Januari 2021 20:57

Ketua Fraksi PDIP, Ahmad Basarah.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Setelah sebelumnya mendukung penuh keputusan pemerintah melarang segala bentuk dan aktivitas Front Pembela Islam (FPI), Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah kini meminta pemerintah menjadikan momentum pelarangan ormas Islam garis keras itu untuk lebih merangkul dan mendukung secara optimal ormas-ormas keagamaan yang selama ini moderat dan terbukti loyal mendukung persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia berpendapat Negara menjadi baik ketika pemerintah dan kalangan civil society saling bahu-membahu menjaga kohesi masyarakat yang majemuk.

“Tujuan dari didirikannya ormas-ormas keagamaan sangat jelas, yakni hendak merawat ketakwaan semua elemen bangsa ini kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar bangsa kita terus menjadi bangsa religius seperti yang diharapkan para pendiri bangsa,’’ jelas Ahmad Basarah, Sabtu (2/1/2021).

Ahmad Basarah menilai negara menjadi wajib untuk mendorong dan memfasilitasi warga negaranya dalam rangka meningkatkan ketakwaan mereka sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Pemerintah yang berkuasa, siapa pun yang menjadi pemimpin pemerintahan itu, tak punya alasan lain untuk tidak merawat, mengayomi, dan mendukung ormas-ormas keagamaan baik secara moril apalagi materiil, jika terbukti semua ormas itu mendukung kemajuan bangsa untuk mencapai tujuan nasionalnya.

“Namun peningkatan ketakwaan umat beragama yang dilakukan ormas-ornas itu hendaknya tidak disalahgunakan untuk tujuan merongrong kewibawaan negara, termasuk untuk melawan pemerintahan yang sah, siapa pun yang jadi presiden negeri ini,” jelasnya.

Bagikan:

Komentar