Setahun Corona Muncul di Wuhan, Vaksin Covid-19 Manjur Mulai Digunakan

Sabtu, 2 Januari 2021 12:30

ORANG PERTAMA: Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), disuntik vaksin COVID-19 di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (25/12/2020). Kementerian Kesehatan mengabarkan, vaksinasi pada Pangeran MBS itu dilakukan sebagai bagian dari rencana vaksinasi nasional yang sedang dijalankan Kerajaan Arab Saudi. (ANTARA FOTO/Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS/pras.)

FAJAR.CO.ID,– Sejumlah negara memastikan untuk memulai tahapan vaksinasi pada Januari 2021 sebagai langkah awal mengakhiri pandemi Covid-19. Bahkan sejumlah negara lain sudah melakukan vaksinasi di penghujung 2020. Setahun wabah Covid-19 melanda, harapan mengakhirinya membuncah pada 2021 seiring ditemukannya sejumlah vaksin Covid-19 yang manjur.

Tantangannya memang tak mudah. Pada awal Januari ini dunia justru masih dihadapi dengan ancaman mutasi virus strain baru yang muncul pertama kali di Inggris. Meski begitu, para ahli mengatakan bahwa ada harapan bahwa tahun 2021 adalah perubahan yang harus disambut baik.

Wakil kepala petugas kesehatan masyarakat Kanada Dr. Howard Njoo mengatakan pekan lalu dia optimis tahun 2021 penuh harapan setelah melihat tahap awal peluncuran vaksin di Kanada. Sementara itu, pejabat wilayah Yukon, Kanada, Sandy Silver yakin tahun 2021 adalah tahun yang lebih baik.

Baca juga: Wuhan yang Mencekam saat Awal Munculnya Covid-19, Kini Semakin Ceria

Seorang psikolog klinis di Toronto Dr. Taslim Alani-Verjee, mengatakan tak berlebihan berharap banyak pada 2021. Sebab sepanjang tahun 2020 memang penuh emosi yang suram, kesedihan, dan kekecewaan. “Bahkan, berbicara tentang harapan saat itu sangat sulit,” kata Alani-Verjee.

Alani-Verjee menambahkan agar umat manusia perlu mengurangi ekspektasi agar tak berlebihan melihat dunia pulih sebelum wabah melanda. Vaksin diyakininya bakal mengakhiri pandemi, namun butuh waktu.

Komentar