Setahun Covid-19, Asal Usul Virus Masih Misteri

Sabtu, 2 Januari 2021 17:58

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID — Setahun sudah pandemi Covid-19 melanda dunia. Anehnya, hingga kini asal-usul virus corona jenis baru yang menjadi penyebab penyakit Covid-19 ini masih misteri. Spekulasi awal mula munculnya virus Korona memang masih simpang siur.

Secara resmi memang virus corona ditemukan di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019. Namun sebagian penelitian mengungkapkan virus ini muncul dari kelelawar atau bahkan adanya spekulasi soal kebocoran laboratorium di Wuhan juga sempat beredar.

Terkait masih menjadi misteri, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bisa dibilang mengiyakan. Pada pertengahan Desember 2020, tim peneliti WHO mengatakan bakal bertandang ke Wuhan, Tiongkok, pada Januari 2021. Mereka dikatakan bakal meneliti sampel medis dan binatang. Tidak hanya untuk mengetahui dari binatang apa virus tersebut berasal, tetapi juga bagaimana bisa menular ke manusia dan bermutasi.

Tim peneliti WHO juga akan mencari tahu apakah benar bahwa Wuhan adalah tempat virus SARS-CoV-2 kali pertama muncul. Kasus Covid-19 kali pertama terjadi di kota tersebut dan para peneliti meyakini bahwa penyebabnya berasal dari kelelawar.

Total ada 10 anggota tim peneliti WHO yang bakal terbang ke Wuhan. Salah satunya adalah ahli biologi di Robert Koch Institute, Jerman, Fabian Leendertz. Rencananya, mereka akan bekerja sama dengan ilmuwan Tiongkok selama 4–5 pekan. “Tujuan utamanya adalah mencari tahu apa yang terjadi,” ujar Leendertz seperti dilansir The Guardian.

Komentar