Jelang Sidang Praperadilan, Kuasa Hukum HRS Siap 100 Persen

Minggu, 3 Januari 2021 12:48

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapold...

FAJAR.CO.ID — Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab (HRS), Aziz Yanuar, mengatakan, pihaknya siap 100 persen menjelang sidang praperadilan terkait penetapan tersangka dan penahanan kliennya.

Sidang gugatan praperadilan tersebut bakal digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (4/1). Kabarnya sidang tersebut dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB dan dipimpin oleh hakim Akhmad Sahyuti.

“100 persen (siap),” ungkap Aziz kepada JPNN.com (grup FAJAR), Sabtu (2/1/2021).

Selain Aziz, sejumlah pengacara bakal hadir sidang gugatan tersebut. Aziz menyebut nama Munarman, M Kamil Pasha, Sumadi Atmadja dan Wisnu Rakadita.

Kemudian ada juga Hujjatul Baihaqi, Alamsyah Hanafiah, Kurnia dan Ratih. Saat ditanya, apakah kemungkinan Habib Rizieq bakal menghadiri sidang tersebut. Aziz menjawab tidak hadir.

“Enggak bakal (hadir),” pungkas Aziz Yanuar.

Sebelumnya, tim hukum dari FPI resmi mengajukan gugatan praperadilan atas langkah Polda Metro Jaya menetapkan HRS sebagai tersangka dan menahan Imam Besar FPI itu. Gugatan praperadilan diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, teregister dengan nomor 150/Pid.Pra/2020/PN.JKT.SEL.

Aziz Yanuar dalam keterangannya menyatakan penetapan tersangka, penangkapan, hingga penahanan Habib Rizieq oleh penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya tidak sah dan tidak berdasar hukum.

Oleh karena itu, Aziz meminta hakim PN Jakarta Selatan membuat putusan memerintahkan penyidik Polda Metro Jaya menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP3). (jpnn)

Komentar