Tenaga Medis Sulsel Siap-siap, Vaksinasi Covid-19 Bakal Digelar 14 Januari Mendatang


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Pelaksanaan vaksin di Indonesia sepertinya juga akan segera dilakukan di Provinsi Sulawesi Selatan. Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari dalam pertemuan konsolidasi antisipasi peningkatan kasus Covid-19 bersama Gubernur Sulsel di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu (3/1/2021).

Ia menyebut vaksinasi akan dilakukan di Sulsel pada 14 Januari 2021 mendatang. “Ini serentak se-Indonesia untuk tenaga kesehatan,” kata Ichsan.

Sebagaimana diketahui, pengadaan vaksin diklaim berfungsi untuk melawan virus yang masuk dengan merangsang sistem kekebalan tubuh dengan antigen. Atau dengan kata lain, vaksinasi diprediksi mampu menanggulangi penyebaran virus Corona.

Selain vaksin, Ichsan mengaku penguatan manajemen juga penting dalam menekan penyebaran virus Covid-19, termasuk sistem rujukan pasien.

Menurutnya, saat ini rujukan ke Kota Makassar dalam dua hari terakhir sudah mulai berkurang, lantaran rumah sakit di kabupaten/kota mulai diaktifkan untuk penanganan Covid-19.

“Penguatan dengan penambahan kapasitas rumah sakit. Ditambahkan tempat tidur dari bantuan Jepang,” bebernya.

Terkait okupansi rumah sakit, dirinya menyebut saat ini berada di angka 67-68 persen.

Tidak hanya itu, pemanfaatan 1.000 tokoh lintas agama juga disinyalir berperan agar mengedukasi masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

Sementara, Juru bicara Satgas Covid-19 Sulsel, Husni Thamrin menuturkan, rencananya pasien Covid-19 yang sementara dirawat di rumah sakit dan sudah tanpa gejala, namun masih berstatus positif Covid-19 akan dipindahkan ke hotel Duta Wisata Covid-19.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR