Alat Mirip Rudal, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Sebut Seaglider

Drone bawah laut yang ditemukan di perairan laut Kepulauan Selayar, Seulawesi Selatan, akhir Desember 2020 lalu. Foto Twitter Roy Suryo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono akhirnya angkat bicara terkait temuan benda menyerupai rudal yang disebut-sebut drone bawah laut.

Benda tersebut ditemukan nelayan Desa Majapahit di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, akhir Desember 2020 lalu.

Disebutkan bahwa benda dimaksud adalah Seaglider.

Demikian disampaikan Yudo Margono dalam konferensi pers di Pushidrosal Ancol, Jakarta Utara, Senin (4/1), dikutip dari RMOL.

“Pada pagi hari ini saya akan menyampaikan tentang alat atau seaglider yang kemarin ditemukan nelayan dari Desa Majapahit, Selayar, yang mana dari temuan tersebut saya bawa ke Hidrosal,” ujar Yudo.

Yudo menegaskan, pihaknya tidak mau menebak-menebak alat yang ditemukan tersebut adalah drone.

Untuk itu, TNI AL langsung membawa benda tersebut ke Pushidrosal sebagai lembaga yang kompeten untuk meneliti adanya peralatan demikian.

“Supaya lebih real adanya, sehingga alat tersebut kita bawa ke sini,”

“Jadi saya enggak mau berandai-andai, supaya rekan-rekan semuanya jelas tentang penggunaan maupun fungsi dari alat yang ditemukan di Kabupaten Selayar,” jelasnya.

Dijelaskan Yudo, benda itu terbuat dari aluminium dengan dua sayap dan propeller serta antena belakang.

“Badan (seaglider) terbuat dari aluminium dengan dua sayap 50 sentimeter, panjang bodi 225 sentimeter, kemudian propeller 18 sentimeter di bawah, panjang antena yang belakang 93 sentimeter,” beber Yudo.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR