Diskes Latih 1.099 Tenaga Kesehatan untuk Vaksinasi

Senin, 4 Januari 2021 16:16
Diskes Latih 1.099 Tenaga Kesehatan untuk Vaksinasi

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDi) Sulawesi Selatan, dr. Ichsan Mustari

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Sebanyak 1.099 orang tenaga vaksinasi telah dilatih untuk mengaplikasikan penggunaan vaksin tahap pertama untuk tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari menyebut ke 1.099 orang tersebut adalah orang-orang yang berkompeten di bidang kesehatan dan administrasi.

Ichsan menilai pelaksanaan vaksinasi yang akan dilaunching serentak se-Indonesia ini pada 14 Januari 2021 mendatang, sistemnya lebih mudah. Pasalnya, kata dia, baik yang divaksin maupun yang menyuntikkan vaksin jenis Sinovac adalah orang-orang medis.

“Ini lebih mudah karena kita juga bisa evaluasi,” kata Ichsan, Senin (4/1/2021).

Ia menjelaskan, nantinya calon penerima vaksin harus mendaftar online. Setelah tiba di lokasi pelaksanaan vaksinasi, maka dilakukan sejumlah pemeriksaan terlebih dahulu seperti pengecekan suhu tubuh, mengecek data calon vaksinasi, lalu diberikan edukasi, dicek kesehatannya lalu divaksin.

“Dan setelah divaksin yaitu masuk tahap terakhir yakni dilakukan observasi selama 30 menit. Orang yang divaksin harus menunggu dulu selama 30 menit, dilihat apakah ada efek lain yang terjadi,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
5
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar