Drone Tertangkap, Prabowo Diminta Berani Menegur Keras China

Senin, 4 Januari 2021 09:21

Prabowo Subianto dalam sebuah wawancara eksklusif.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menhan Prabowo Subianto didesak untuk tegas dalam menjaga kedaulatan NKRI. Salah satunya soal drone bawah laut China yang ditangkap di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Begitu yang disampaikan analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menanggapi ditemukannya drone bawah laut milik China oleh nelayan di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Menurut Ubedilah, Prabowo harus menegur keras China yang telah melanggar batas teritori NKRI.

“Prabowo mesti tegas dalam menjaga kedaulatan wilayah teritorial NKRI. China perlu ditegur keras. Kalau tidak ditegur berbahaya pertahanan negara,” ujar Ubedilah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (3/1).

Selain itu, kata Ubedilah, Prabowo juga harus segera mencari solusi teknologi canggih agar dapat menangkap hal-hal serupa.

“Di saat yang sama Prabowo mesti cari solusi teknologi canggih untuk menangkal cara-cara China tersebut,” pungkas Ubedilah.

Berita sebelumnya, ditemukannya drone bawah laut milik China di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan oleh nelayan menunjukkan bahwa kemampuan pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Pertahanan tidaklah canggih.

Begitu yang disampaikan oleh analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun yang menilai bahwa perang data telah memasuki episode baru.

“Di mana pencurian data perairan Indonesia di wilayah RI bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi baru drone selam. Kemungkinan besar China telah mencuri data penting perairan Indonesia dengan aktivitas tersebut,” ujar Ubedilah, Minggu (3/1).

Komentar