Isu FPI jadi Parpol, Pengamat: Mudah Dirikan Partai, Jadi Peserta Pemilu yang Sulit

Senin, 4 Januari 2021 17:49

Ilustrasi massa FPI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kabar jika seandainya ormas Front Persatuan Islam (FPI) jadi partai politik masih ramai dibahas. Hal itu bisa saja dilakukan oleh para mantan laskarnya.

Pengamat Politik Unismuh Makassar, Andi Luhur Prianto, mengatakan, mudah saja jika FPI mau jadi partai politik. Namun sulit untuk memenuhi syarat menjadi peserta dalam setiap kontestasi pemilihan di Indonesia.

“Secara administratif, syarat mendirikan partai politik tidak sulit. Tapi syarat menjadi partai politik peserta Pemilu juga tidak mudah,” katanya, Senin (4/1/2021).

Seluruh anggota FPI dari Sabang sampai Merauke harus sepakat untuk mengubah visi misinya itu. Apalagi, tak sedikit anggotanya yang tetap teguh pada pendiriannya mempertahankan FPI sebagai ormas keagamaan.

Andi Luhur menjelaskan, hal itu merujuk pada UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi oleh ormas yang khas dengan pakaian putih ini.

“Kepengurusan partai yang harus di seluruh provinsi dan 75 persen kabupaten atau kota. Sungguh syarat tidak mudah kelompok masyarakat yang mengusung ideologi FPI. Terutama di beberapa daerah yang aktivitas FPI mengalami resistensi,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
6
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar