Sidang Praperadilan Habib Rizieq, Tim Pengacara Beber Sejumlah Alasan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Sidang praperadilan Habib Rizieq Shihab digelar di PN Jakarta Selatan pada Senin (4/1), dengan agenda pembacaan materi permohonan gugatan.

Tim kuasa hukum Habib Rizieq menyampaikan keberatan atas langkah Polda Metro Jaya menetapkan pimpinan FPI itu sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pengacara Habib Rizieq, M Kamil Pasha mengatakan, ada sejumlah alasan permohonan praperadilan itu dilakukan.

Salah satunya terkait kekaburan penyelidikan dan penyidikan dalam kasus kerumunan di Petamburan lantaran dalam hajatan pernikahan putri Habib Rizieq, Syarifah Najwa Shihab.

Kamil Pasha mengatakan, pihak keluarga Habib Rizieq pada acara tersebut hanya membuat undangan terbatas, tak lebih dari 17 undangan.

"Saat bersamaan pihak DPP FPI juga membuat acara maulid, yang juga mengundang Pemohon (Habib Rizieq, red). Bahwa acara pernikahan tersebut disetujui dan dihadiri oleh pihak KUA Tanah Abang, serta acara maulid diketahui dan disetujui oleh pihak Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat," ujarnya saat membacakan permohonan gugatan praperadilan di PN Jaksel, Senin (4/1/2021).

Namun, kata dia, tak disangka-sangka banyak umat hadir dan terpaksa panitia pun meminta hadirin yang terlanjur hadir menerapkan protokol kesehatan.

Panitia membagikan masker dan malahan BPBD DKI Jakarta selaku bagian Satgas Covid-19 DKI mendukung pembagian masker itu, termasuk Dishub DKI yang menutup Jalan KS Tubun demi terciptanya jaga jarak.

"Namun, Pemprov DKI Jakarta tetap menganggap acara itu melanggar Pergub DKI sehingga memberikan sanksi administratif kepada Pemohon sebesar Rp50.000.000, yang sudah dibayar Pemohon. Meski begitu, termohon (penyidik Polda Metro Jaya) tetap memproses peristiwa itu," katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan