Tiga Bantuan Sosial Ini Bakal Disalurkan di 2021

  • Bagikan
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat acara serah terima jabatan Menteri Sosial di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Rabu (23/12/2020). Tri Rismaharini resmi diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos). Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mentri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan tiga program bantuan sosial (bansos) pemerintah pada 2021.

Ketiga bansos itu yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai yang diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/4).

“Penyerahan bantuan tunai ini meliputi Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, dan Bansos Tunai, selain dilakukan di istana oleh Presiden, pada saat yang sama juga dilakukan penyerahan di 34 provinsi oleh para gubernur,” kata Risma.

Menurut Risma, pada 2021, sesuai dengan alokasi anggaran Kementerian Sosial terdapat tiga program bantuan sosial.

Secara terperinci, PKH dengan target penerima 10 juta keluarga dan anggaran Rp28,7 triliun, Kartu Sembako dengan target pertama 18,8 juta keluarga dan anggaran Rp45,12 triliun, dan Bansos Tunai dengan target penerima 10 juta keluarga dan anggaran Rp12 triliun yang keseluruhan bakal disalurkan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia.

PKH bagi 10 juta keluarga akan disalurkan setiap 3 bulan sekali sepanjang 2021 yaitu pada Januari, April, Juni dan Oktober.

Pada Januari 2021 akan disalurkan sebesar Rp7,17 triliun. Kartu Sembako pada Januari akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga dengan anggaran Rp3,76 triliun.

Sementara Bansos Tunai untuk 10 juta keluarga akan disalurkan sejumlah Rp3 triliun pada Januari 2021.

Sehingga keseluruhan anggaran yang disalurkan pada Januari adalah sebesar Rp13,93 triliun.

“Peluncuran bantuan tersebut, untuk PKH dan Kartu Sembako dilakukan oleh bank milik negara yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN sedangkan bagi penerima yang sakit, lansia dan penyandang disabilitas berat, bank-bank tersebut akan mengantarkan langsung ke tempat tinggal masing-masing,” ungkap Risma.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan