Benua Australia Terus Bergerak Mendekati Indonesia, Ini Penjelasan Ilmuwan

Selasa, 5 Januari 2021 18:02

Benua Australia dan Kepulauan Indonesia. (int)

FAJAR.CO.ID — Pada dasarnya, benua Australia dengan Indonesia memiliki jarak yang sangat panjang, yakni sekitar 3.301 km.

Tapi siapa sangka, setiap tahun benua Australia justru terus bergerak ke arah utara. Itu artinya, benua Australia terus mendekati Indonesia. ⁣

Hal tersebut diungkapkan oleh sekelompok ilmuwan yang menyebutkan bahwa setiap tahunnya, Australia bergeser 7 cm ke arah Indonesia.

Pergerakan Australia ini disebabkan oleh lempeng Bumi yang saling bertumbukkan.

Benua Australia memang ada di atas lempeng tektonik yang memang paling aktif bergerak dan bertabrakan dengan lempeng Pasifik.

Tak hanya lempeng di bawah Australia, lempeng Pasifik dilaporkan juga bergerak tiap tahunnya.⁣⁣Dari data yang ada sejak tahun 1994, benua Australia sudah bergeser ke arah utara sejauh 1,5 meter.

Karena hal itu, para ilmuwan di Australia sampai menghitung ulang posisi garis bujur dan garis lintang Australia.⁣⁣Kalau kamu bertanya-tanya apa yang terjadi pada Bumi saat kedua lempeng bertumbukkan, maka jawabannya adalah gempa bumi.

Pernah dengar gempa berkekuatan 8,1 SR yang melanda pulau Macquarie pada 23 Desember 2004? Rupanya gempa itu disebabkan oleh tumbukkan lempeng tektonik di bawah Australia dan lempeng Pasifik. ⁣ (PojokSatu)

Komentar