Gubernur Yakin Covid-19 Sulsel Bisa Ditekan, Prediksi Juni 2021 Bisa Dikendalikan

Selasa, 5 Januari 2021 17:55

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah mengatakan masih mempersiapkan data klinis. Apalagi, tak sembarangan masyarakat bisa divaksin. Ada beberapa kriteria yang mesti dipenuhi.

Tahun ini, upaya penanganan Covid-19 tetap prioritas Pemprov Sulsel. Anggaran besar pun digelontorkan, yakni Rp798 miliar atau 6,77 persen dari total belanja daerah.

Gubernur menilai penanganan Covid-19 tetap harus menjadi prioritas pemerintah. Apalagi, tren kasus masih meningkat. Meski begitu kenaikan kasus menandakan banyaknya temuan positif di lapangan. Dia pun yakin tetap bisa menekan laju kasus dengan protokol ketat dan kerjasama semua pihak.

Lambat laun, jumlah tersebut akan berkurang jika upaya peningkatan tracing meningkat. Bahkan prediksi Nurdin, bisa diselesaikan Juni mendatang 2021.

“Perlahan jumlah sampel kita bertambah. Kemudian okupansi rumah sakit yang sempat mencapai 85 persen kami prediksi berkurang,” bebernya, kemarin.

Kemudian belanja pemerintah sebagai penopang pertumbuhan juga dipercepat daya serapnya.Ini agar pekerja informal bisa segera merasakan dampak dari seluruh proyek pemerintah.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman juga berharap semua organisasi perangkat daerah (OPD) tetap bekerja maksimal. Apalagi, pada masa pandemi, banyak yang menunggu program pemerintah.

Izin Vaksin

Pemerintah menargetkan vaksinasi mulai pertengahan Januari. Namun, izin penggunaan vaksin masih belum terbit.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan pemerintah akan memulai pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 dalam waktu dekat. Namun, pemerintah tetap akan menunggu sampai ada izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM. Juga sertifikasi kehalalan dari MUI.

Bagikan berita ini:
10
7
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar