Habiskan Anggaran Rp74 Triliun, Gubernur: Vaksin Gratis

Selasa, 5 Januari 2021 20:10

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah telah memproyeksikan anggaran vaksin Covid-19 pada tahun 2021 telah mencapai Rp 74 triliun. Besaran dana tersebut, maka pemerintah memberikan stimulus bagi seluruh masyarakat Indonesia berupa vaksinasi secara gratis.

Hal itu kembali ditegaskan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah usai melakukan pengecekan vaksin yang sudah tiba di Kantor Dinas Kesehatan (Diskes).

“Gratis, Rp74 triliun loh disiapkan negara untuk memvaksinasi semua masyarakat,” kata Nurdin, Selasa (5/1/2021).

Terkait vaksin untuk Sulsel, diketahui sebanyak 30 ribu vital vaksin Sinovac yang dikemas dalam 16 koli paket dari Bio Farma telah tiba di Terminal Cargo Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar hari ini jam 4 subuh tadi.

30 ribu vaksin tersebut, kini berada di collroom Diskes Sulsel. Adapun total keseluruhan jatah untuk Sulsel tercatat sebanyak 66.640 vaksin.

Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi serentak se-Indonesia, rencananya dilakukan pada 13 Januari atau dijadwalkan satu hari lebih cepat dari sebelumnya yakni 14 Januari 2021.

Nurdin berharap sisa vaksinasi yang belum disalurkan jelang pelaksanaan vaksinasi khususnya di kabupaten kota dapat segera didistribusikan.

Dirinya pun mengaku jelang pelaksanaan vaksinasi, Pemprov Sulsel sudah memiliki ijin edar vaksin. “Cuma sisa menunggu emergency used authorization (EUA) dari BPOM untuk memulai vaksinasi,” bebernya.

Diketahui untuk vaksinator, Dinkes Sulsel telah melatih 1.099 tenaga medis dan pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di rumah sakit maupun puskesmas. (anti/fajar)

Bagikan berita ini:
9
2
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar