Kota Makassar Kebagian 14,355 Ribu Vaksin

Selasa, 5 Januari 2021 14:16

ILUSTRASI.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — 30 ribu Vaksin Covid-19 tahap pertama kini mendarat di Sulsel. Akan dibagikan di 24 kabupaten kota.

Untuk Kota Makassar sendiri mendapat jatah 14, 355 vaksin. Paling banyak dibandingkan daerah lain. Bukan tanpa alasan, Makassar merupakan pusat epicentrum penyebaran Covid-19 di Sulsel dengan menyumbang 50 persen kasus.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengaku, pihaknya sudah mempersiapkankan distribusi vaksin kepada tenaga kesehatan. Termasuk anggaran.

“Yah, kita sudah minta Diskes secara khsusus untuk mempersiapkan alokasi anggaran sesuai permintaan pemerintah pusat, bahwa fokus utama kita di 2021, adalah bagaimana cara melaksanakan vaksin, kedua bgmna kita mengendalikan covid,” ujarnya, Selasa (5/1/2021).

Prioritas vaksin, kata Rudy akan diberikan kepada Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang sejak awal berada di garda terdepan menghadapi Covid-19.

“Untuk alokasi vaksin, informasi yang kami terima itu, diproritaskan yang utama itu nakes. Nah tentu kalau kita berbica nakes, itu di rumah rumah sakit atau puskesmas dan saya kira puskesmas dan rumah sakit kita sudah siap untuk melaksanakan secara teknis vaksin, apalabila sudah ada arahan dari pemerintah pusat,” ujar Rudy.

Saat ini, lanjut Rudy, Pemkot tengah menyiapkan teknis pelaksanaan vaksin agar tidak menimbulkan kerumunan yang rentan terjadi penularan. Termasuk lokasi harus dikaji lebih jauh lagi.

Komentar