Polemik Rekrutmen CPNS Guru, Simak Penjelasan Mendikbud Nadiem Makariem

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (JawaPos)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim angkat bicara terkait wacana pemberhentian pengangkatan guru melalui jalur CPNS.

Ia menjelaskan bahwa ada mispersepsi terkait kebijakan PPPK. Nadiem Makarim menyebut, tidak benar jika formasi CPNS untuk guru ditiadakan, dan itu tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud.

“Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud,” kata Nadiem Makarim, di akun Instagram @nadiemmakarim, Selasa (5/1/2021).

Mantan Bos Gojek itu menegaskan bahwa formasi CPNS untuk guru akan tetap ada, dan saling melengkapi dengan perekrutan PPPK.

“Saya menegaskan bahwa formasi CPNS guru ke depan tetap akan ada, karena kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan PPPK,” tegas Nadiem Makarim.

Kendati demikian, dirinya menyebut bahwa fokus tahun ini adalah perekrutan guru honorer melalui jalur PPPK.

“Fokus tahun ini adalah perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK,” kata Nadiem Makarim.

Oleh karena itu, Nadiem Makarim mendorong semua guru honorer maupun lulusan Pendidikan Profesi Guru untuk ikut melamar menjadi guru PPPK.

“Kami mendorong agar para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar menjadi guru PPPK. Kinerja yang baik sebagai guru PPPK nantinya akan menjadi pertimbangan penting jika guru PPPK yang bersangkutan melamar jadi CPNS,” tutur Nadiem Makarim.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR