Sehari Sebelum Vaksinasi, Diadakan Simulasi

Selasa, 5 Januari 2021 13:36

Vaksin COVID-19 Sinovac kiriman dari Bio Farma yang didistribusikan ke Provinsi Sulawesi Selatan, tiba di Terminal Kargo...

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Vaksinasi Covid-19 dipastikan akan segera dilakukan sesuai rencana yakni pada 14 Januari 2021 mendatang.

Diketahui vaksin Covid-19 jenis Sinovac telah tiba di Kota Makassar sebanyak 30 ribu unit pada subuh tadi, Selasa (5/1/2021).

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pada 13 Januari 2021 atau sehari sebelum pelaksanaan vaksinasi dilakukan, maka akan diadakan simulasi penyuntikan vaksin secara serentak terhadap pemangku kepentingan kebijakan di masing-masing daerah.

Ia mengklaim hal itu untuk memberikan keyakinan terhadap masyarakat ihwal efektifitas dan keamanan vaksin tersebut.

“Instruksinya itu mulai dari presiden, jajaran menteri, gubernur, panglima, Kapolda, sekda dan pemangku kepentingan di masing-masing daerah akan menjadi orang pertama yang divaksin,” ucapnya.

Ia menyebut hal itu berdasarkan instruksi dan arahan dari Presiden RI, Joko Widodo yang bertujuan semata-mata untuk memberikan bukti nyata bahwa vaksin aman digunakan.

“Ini untuk memberikan contoh ke masyarakat. Istilahnya itu tolo’-tolo’nya (kepala daerah) dulu,” kata Sudirman saat melakukan rapat pelaksanaan vaksin melalui virtual di Kantor Gubernur, Selasa (5/1/2021).

Hanya saja, ia menyebut bahwa keputusan untuk melakukan simulasi terhadap pemangku kepentingan di masing-masing daerah masih dalam pembahasan.

Lantaran, lanjut Sudirman, semua informasi soal prosedur vaksin hanya diketahui oleh pemerintah pusat.

“Tergantung dari Menkes nantinya. Kita akan mengikut pusat karena ini vaksin mereka yang beli, mereka yang tau secara prosedural dan kebijakan,” ungkapnya.

Komentar