Uji Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI, Komnas HAM Target 2 Pekan Selesai

Selasa, 5 Januari 2021 18:19

Rekonstruksi penembakan enam laskar FPI di rest area Tol Jakarta-Cikampek KM50. Foto: Ega/PojokKarawang.com

FAJAR.CO.ID — Komnas HAM kembali memanggil personel Polri untuk melengkapi penyelidikan peristiwa penembakan enam laskar FPI di jalan tol Jakarta–Cikampek kemarin (4/1).

Selain meminta keterangan, mereka melakukan uji rekonstruksi. Targetnya, paling lambat dua pekan ke depan penyelidikan tuntas.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara, menjelaskan, ada beberapa bagian yang perlu disusun dan dibutuhkan keterangan tambahan dari aparat kepolisian.

“Kami harap itu adalah permintaan keterangan terakhir dari kepolisian. Karena sesuai dengan yang sudah kami sampaikan, paling lambat dua minggu kami akan menyelesaikan laporan,” tuturnya.

Dia menambahkan, uji rekonstruksi di kantor Komnas HAM kemarin sore merupakan bagian yang dibutuhkan tim penyelidik. ”Rekonstruksi secara umum, bagaimana kejadian di TKP (tempat kejadian perkara) 1, TKP 2, TKP 3, dan TKP 4. Termasuk juga mendetailkan seperti apa yang terjadi di TKP,” bebernya.

Rekonstruksi kemarin sempat berlangsung tertutup. Namun, Komnas HAM memberikan kesempatan kepada awak media untuk mengambil gambar dan video dari kejauhan. Jawa Pos melihat beberapa adegan yang diulang. Di antaranya, aksi saling pepet kendaraan hingga todong-menodong senjata api. “Tindakan apa yang diambil teman-teman kepolisian (saat itu) sampai kemudian ke Rumah Sakit Polri,” kata Beka.

Uji rekonstruksi, kata Beka, juga penting untuk menyusun konstruksi peristiwa yang sesuai dengan fakta dan kejadian sebenarnya. Komnas HAM optimistis data yang mereka kumpulkan dari banyak sumber bisa mengungkap peristiwa tersebut secara terang. ”Kami sekarang sedang melengkapi konstruksi peristiwanya. Supaya kesimpulan yang ada itu objektif,” imbuhnya.

Komentar


VIDEO TERKINI