Vaksin Covid-19 yang Didistribusikan di Indonesia Menerapkan Standar Internasional

Selasa, 5 Januari 2021 15:51

FAJAR.CO.ID — JAKARTA, Tiga juta vaksin Covid-19 produksi Sinovac yang sudah ada di Indonesia mulai didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia pada Minggu, 3 Januari 2021. Pengiriman vaksin tersebut dengan pengawalan ketat. Vaksinasi akan mulai dilakukan pada pertengahan Januari.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Badan POM, Dr. dra. Lucia Rizka Andalusia, M Pharm, Apt. kembali menegaskan mengenai perkembangan persetujuan ijin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Covid-19. Senin (4/1/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Badan POM juga telah melakukan rolling submission (penyampaian data yang dimiliki Industri Farmasi secara bertahap) serta telah melakukan evaluasi terhadap data hasil uji pre-klinik dan uji klinik fase 1 dan fase 2 untuk menilai keamanan dan respon imun yang dihasilkan dari penggunaan vaksin, dan juga hasil uji klinik fase 3 yang dipantau selama 1 bulan setelah pemberian suntikan ke 2 dengan menggunakan standar penilaian mutu yang berlaku secara internasional. Termasuk mengikuti perkembangan uji klinis di berbagai negara.

Salah satu proses untuk memastikan mutu vaksin juga telah dilalui, yaitu dengan penerbitan sertifikat lot release terhadap 1,2 juta vaksin CoronaVac. Lot release merupakan syarat dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) bagi Otoritas Obat setiap negara untuk melakukan evaluasi dalam memastikan mutu setiap lot/batch vaksin tersebut.

Bagikan berita ini:
2
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar