Vaksin Sinovac Dijamin Aman, Diskes Sulsel Sebut Sudah Lalui 3 Tahap Uji Klinis

Selasa, 5 Januari 2021 18:27

Vaksin COVID-19 Sinovac kiriman dari Bio Farma yang didistribusikan ke Provinsi Sulawesi Selatan, tiba di Terminal Kargo Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, di Kabupaten Maros, Selasa subuh, 5 Januari 2020. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima sebanyak 66.640 dosis vaksin COVID-19 pada tahap pertama yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Tenaga medis di 24 kabupaten/kota akan menjadi prioritas pertama. IDHAM AMA/FAJAR

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari menjamin vaksin Covid-19 jenis Sinovac aman digunakan untuk masyarakat.

Hal itu diungkapkan, lantaran telah dilakukan tahapan uji klinis sebanyak 3 kali sebelum akhirnya didistribusikan.

“Vaksin ini tidak ada masalah. Uji klinisnya bahkan sampai 3 kali, kalau uji klinisnya bermasalah ditahap pertama, tidak mungkin selesai sampai 3 tahap,” ungkapnya.

Bahkan, ia menyebut vaksin tersebut aman karena telah dilengkapi surat rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Emergency Use Authorization (EUA) yang bersifat sementara.

“Jadi saya kira vaksin ini adalah lngkah kedua terbaik untuk menangani Covid-19 karena yang pertama adalah protokol kesehatan, kedua vaksinasi,” jelasnya.

Terkait kesiapan di 24 Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan dalam menyambut pelaksanaan vaksinasi serentak se Indonesia, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel itu mengaku Bupati dan Wali Kota telah menyiapkan refrigerator atau kulkas besar dan pihak Pemprov akan mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) dan vaksin sebelum tanggal 13 Januari 2021.

“Sudah siap di 24 kabupaten kota refrigeratornya. Untuk vaksinasi dengan APD-nya diharapkan bisa dikirim sebelum tanggal 13,” bebernya. (Anti/fajar)

Komentar