Vaksin Sinovac Tahap I untuk 10.569 Nakes di Sulbar

Selasa, 5 Januari 2021 09:52

ILUSTRASI. Vaksin/ FAJAR

FAJAR. CO. ID, SULBAR– Jatah vaksin tahap pertama untuk Sulbar dijadwalkan tiba di Mamuju, Kamis, 7 Januari. Sebanyak 21.138 dosis vaksin merek Sinovac itu akan disuntikkan ke 10 ribu lebih tenaga kesehatan (Nakes) untuk enam kabupaten di Sulbar.

Kepala Dinas Kesehatan Sulbar, dr Alief Satria mengatakan kick off penyuntikan vaksin ini satu pekan setelah vaksin tiba atau akan dimulai 14 Januari. Pihaknya telah menyiapkan dua kantor farmasi untuk penyimpanan vaksin.

“Sudah siap untuk penyimpanan, sudah kita siapkan cold room. Ada dua, di gudang farmasi Mamuju dan Majene. Mobil utk distribusi juga sudah siap. Koordinasi dengan kabupaten sudah berjalan,” kata Alief, Senin, 4 Januari.

Penyuntikan vaksin tahap pertama ini akan menyasar 10.569 tenaga kesehatan di enam kabupaten (lihat grafis). Secara keseluruhan, kata dia, Sulbar akan dapat jatah 889.039 dosis yang akan disalurkan Kemenkes secara bertahap.

Untuk tahap selanjutnya, pihaknya masih menunggu jadwal dari Kemenkes. “Untuk saat ini baru tahap pertama yang di jadwalkan tanggal mulai tanggal 14 Januari 2021, selanjutnya kita menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan,” kata dr. Alief.

“Kick off akan dilaksanakan tanggal 14 Januari, dengan harapan tidak bergeser dan tidak ada kendala. Target sasaran pertama yang akan divaksin adalah nakes sebanyak 10. 569 yang tersebar di Sulbar. Sebelum vaksin didistribusi ke kabupaten ada cold room ,” sambung Alief.

Bagikan berita ini:
8
8
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar