Baca Tips ini Jauh dari Jerawat

Medsos/fajar

SULSEL.FAJAR.CO.ID — Halo gaiss, siapa nih yang masih sering pusing dengan kondisi kulit wajah yang jerawatan?? Tenang, nih ada tips untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Yups, jerawat tentunya sangat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Namun, sebenarnya hal ini bisa diatasi. Ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah, tapi ada juga loh kondisi wajah yang memang harus konsultasi ke dokter.

Berdasarkan tingkat keparahannya, jerawat ada yang bersifat ringan, ada yang sedang dan ada yang parah loh. Jerawat ringan umumnya berbentuk bintik atau komedo, sedangkan jerawat sedang ditandai dengan benjolan kecil berwarna merah dan terasa lunak yang terkadang disertai nanah. Kondisi ini disebut juga jerawat papula dan pustula.

Sementara itu, jenis jerawat yang tergolong jerawat parah adalah jerawat batu, jerawat kistik, dan akne fulminans.

Instagram/IST

Jenis jerawat yang masih ringan dan sedang ini yang bisa ditangani di rumah, sedangkan jerawat yang parah sebaiknya ditangani dokter kulit karena berisiko menyebabkan bekas jerawat yang besar.

Nah, berikut beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang bisa dilakukan di rumah.

Hindari mencuci wajah yang berjerawat lebih dari 2 kali sehari karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan membuat jerawat semakin memburuk.Basuh dan bersihkan bagian kulit yang berjerawat menggunakan sabun pembersih wajah khusus jerawat dan air hangat.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR