BKN Pertimbangkan Formasi CASN Guru, PPPK hanya Fokus Mengajar

Rabu, 6 Januari 2021 18:45
Belum ada gambar

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali membuka peluang untuk tetap memberikan formasi CASN guru di daerah. Apalagi Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hanya fokus mengajar, tak boleh mengisi posisi struktural di sekolah.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam konferensi pers secara virtual, mengatakan, tidak menutup kemungkinan CASN tetap akan diterima tahun ini. Termasuk untuk formasi guru. Hanya saja jumlah terbatas, tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Pihaknya tetap mempertimbangkan usulan berdasarkan jumlah pegawai yang pensiun. Meski begitu, penerimaan CASN guru nantinya lebih difokuskan untuk mengisi jabatan struktural di sekolah. Apalagi jika sudah ada pejabat pensiun.

“Di sekolah, dibutuhkan posisi manajerial yang harus diisi okeh CPNS guru. Untuk itu ke depan pemerintah tetap akan membuka sesuai kebutuhan dari posisi manajerial yang kosong,” bebernya, Selasa, 5 Januari.

Fokus pemerintah untuk tahun ini tetap mengangkat 1 juta guru PPPK memang menjadi kebutuhan mendesak. Formasi ini dikhususkan bagi honorer serta K2 yang ingin mendaftar sesuai klasifikasi.

Secara perlahan, posisi PPPK akan merambah jabatan fungsional lain. “Guru hanya salah satu dari 147 jabatan fungsional yang bisa diisi oleh PPPK. Cuma sekarang, kami fokuskan untuk memenuhi kekurangan guru di daerah,” jelasnya.

Bima Haria mengungkapkan, dari segi hak kepegawaian, tak ada perbedaan antara PNS dan PPPK. Apalagi posisi tersebut merupakan bagian dari ASN. Perbedaannya hanya dari segi dana pensiun saja, yang tak dimiliki PPPK.

Bagikan berita ini:
7
7
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar