Hakim Tegur Pemohon dan Termohon, Saksi Mengaku Datang karena Kecintaan pada HRS

Rabu, 6 Januari 2021 21:51

Hakim tunggal Akhmad Sahyuti memimpin sidang praperadilan yang diajukan Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta...

FAJAR.CO.ID — Pertengkaran mewarnai sidang gugatan praperadilan atas penetapan tersangka dan penahanan Habib Rizieq Shihab (HRS) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (6/1/2021).

Antara pihak pemohon dan termohon sama-sama membuat gaduh. Hakim Akhmad Sahyuti pun tak tinggal diam. Dia memberikan teguran keras kepada kedua pihak.

Hakim menilai pemohon (kuasa hukum Habib Rizieq) dan termohon (pihak Polda Metro Jaya/PMJ) kerap memberikan pertanyaan yang sudah dijelaskan saksi.

Termohon dan pemohon sempat saling mengajukan keberatan saat saksi menjelaskan.

Hakim Akhmad Sahyuti pun sepertinya kesal. Dia tak ingin waktu terbuang percuma.

Salah satu momen saat pengacara Habib Rizieq, Alamsyah Hanafiah bertanya kepada saksi tentang berapa kali saksi mengikuti kegiatan maulid saat pandemi.

Saat saksi menjawabnya, termohon (PMJ) pun mengajukan keberatan pada hakim karena menganggap pertanyaan itu sudah di luar konteks.

Hakim menolak keberatan termohon karena menganggap pertanyaan itu masih berkaitan dengan fakta acara, di mana saksi menghadiri maulid.

Hanya saja, pengacara menimpali penolakan itu sehingga hakim pun menegur keduanya dan hendak melanjutkan pertanyaannya saat hakim sedang berbicara, begitu juga dengan termohon.

Hakim pun menegur keduanya, memerintahkan agar bicara satu per satu secara bergantian dan tak saling bertengkar.

“Sebentar. Selesai satu-satu (kalau berbicara), kalau tidak, ini enggak selesai-selesai. Bertengkar saja, saya masih ada sidang lain loh,” ujar Akhmad Sahyuti di persidangan.

Bagikan berita ini:
6
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar