Pemeriksaan Swab di Laboratorium Dibatasi, Diprioritaskan yang Punya Kontak Erat

Rabu, 6 Januari 2021 14:18

ILUSTRASI. Swab

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Swab test atau tes usap massal sementara dihentikan. Masih menunggu kesiapan laboratorium.

Hingga kini, masih ada beberapa laboratorium yang bermasalah. Beberapa mesin mengalami kerusakan. Sehingga, tidak bisa memeriksa spesimen dalam jumlah besar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, Agus Djaja Said mengungkapkan, selama sepekan ini puskesmas tidak lagi membuka tes usap massal. Namun, semua jenis pelayanan tetap dibuka.

“Kita masih menunggu dahulu petunjuk. Karena ini persoalan laboratoriumnya. Kalau kita lakukan apakah dia siap terima atau tidak,” ungkapnya, Rabu (6/1/2021)

Akan tetapi, kata dia, khusus pemeriksaan spesimen bagi warga yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19 tetap difasilitasi. Termasuk warga yang punya gejala-gejala Covid-19.

“Swab kontak erat kita masih tetap lakukan. Karena itu untuk menjaga terjadinya penularan yang lebih luas. Cuma memang jumlahnya terbatas,” sambungnya.

Sebelumnya, ada beberapa puskesmas yang terpaksa menutup pelayanan lantaran sejumlah tenaga kesehatan (nakes) terpapar Covid-19. Tetapi, pihaknya sudah mengantisipasi hal tersebut.

“Sekarang kalau ada yang terpapar langsung kita isi dengan nakes dari puskesmas lain. Supaya pelayanan kita tetap berjalan seperti biasa,” terangnya.

Ketua Tim Ahli Covid-19 Makassar, Ansariadi menambahkan, penelusuran kontak erat memang tidak bisa dihentikan. Harus terus dilakukan. Hal ini agar potensi penularan bisa dicegah.

Komentar