Pemprov Tambah Pinjaman PEN, Rp1,16 Triliun untuk Stadion Mattoanging

Gambar rencana pembangunan Stadion Mattoanging

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pemprov Sulsel akan melakukan adendum perjanjian untuk pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Nominal pinjaman pun meningkat menjadi Rp2,5 triliun.

Perubahan tersebut rencananya akan dilakukan pada Januari ini. Awalnya Pemprov meminjam dana sebesar Rp1,38 triliun lebih. Kemudian ada tambahan pinjaman lagi sebanyak Rp1,16 triliun, sehingga totalnya Rp2,5 triliun lebih.

Plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Junaedi mengatakan, dengan adanya tambahan pinjaman tersebut pihaknya tak perlu melakukan kontrak ulang ke penyedia anggaran PT SMI. Yang dilakukan hanya melakukan adendum perjanjian saja.

“Tambahan ini memang kita khususkan untuk konstruksi Stadion Mattoanging. Kami hanya melakukan adendum perjanjian. Jadi total dana PEN sekarang Rp2,5 triliun, karena ada tambahan Rp1,16 triliun,” beber mantan Plt Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel tersebut.

Untuk tender, pihaknya sisa menunggu perencanaan tuntas. Sebetulnya target awal mereka Desember, tetapi kemungkinan akan mulur ke Februari. Akan tetapi, jika tahapan perencanaan tersebut selesai proses lelang akan segera dilakukan.

“Kemungkinan Maret-April baru lelang, tetapi kami upayakan lebih cepat. Memang butuh waktu karena kami tak ingin setengah-setengah. Jangan sampai dipaksakan cepat, hasilnya tidak sempurna. Jadi tergantung kesiapan perencana,” tambahnya.

Saat ini kondisi bangunan di Stadion Mattoanging seluruhnya sudah rata dengan tanah. Selain itu pemprov juga sudah menganggarkan pembayaran utang pokok awal ke PT SMI tahun ini sebesar Rp46,1 miliar.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR