Ruang Isolasi Covid-19 Hampir Penuh, Antrian Tes PCR Makin Panjang

Rabu, 6 Januari 2021 19:24

Husni Thamrin

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Koordinator Program Wisata Covid-19 Sulsel, Husni Thamrin angkat bicara soal keluhan masyarakat terhadap sejumlah fasilitas kesehatan seperti puskesmas yang lama dalam mengeluarkan hasil tes PCR pasien.

Ia menyebut, hal itu lantaran tingginya spesimen pemeriksaan sampai 4500 spesimen, sehingga berakibat pada antrian yang cukup panjang dan jangka waktu yang sedikit lebih lama.

“Spesimen kita membludak dan mau tidak mau terjadi antrian panjang,” kata Husni, Rabu (6/1/2021).

Begitupun, kata dia, dengan kondisi ruang isolasi di beberapa rumah sakit penanganan Covid-19 di Sulsel sudah semakin penuh.

Dirinya tak menampik, bahwa saat ini ruang isolasi di rumah sakit semakin banyak diisi oleh pasien yang justru hanya membutuhkan perawatan ringan.

Sehingga untuk pasien yang seharusnya mendapatkan penanganan medis yang lebih intensif dengan kategori penyakit sedang hingga berat, malah tidak mendapatkan ruangan.

“Makanya kita imbau yang punya gejala ringan tanpa gejala sebaiknya ke hotel saja, biar rumah sakit diperuntukkan bagi yang komorbit atau punya gejala berat dan kritis,” jelas Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Sulsel itu.

Lebih jauh, Husni mengaku pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kepala rumah sakit agar memposisikan pasien yang masuk sesuai dengan kategori penyakit yang diderita.

“Jadi pasien yang misalnya komorbitnya sembuh tapi masih Covid-19 itu bisa dilarikan ke hotel, supaya yang di rumah sakit bisa ditangani dengan gejala sedang sampai kritis,” pungkasnya. (Anti/fajar)

Komentar