Vaksinasi Tidak Otomatis Turunkan Kasus Covid-19, Prof Tasrief: Prokes dan Pembatasan Sosial Adalah Keniscayaan

Rabu, 6 Januari 2021 22:06

Guru Besar Fisika Teoretik FMIPA Universitas Hasanuddin, Prof. Tasrief Surungan

“Pasca Tahun baru, ada kecederungan menurun, dan itu tentu akibat pembatasan sosial, termasuk pemberlakuan jam malam oleh Pemkot Makassar,” tandasnya.

Menurutnya, pemerintah sepertinya sudah mulai paham betul bahwa pertumbuhan jumlah kasus selalu dipicu oleh peningkatan interaksi sosial.

“Polanya demikian, mulai dari perayaan Idul Fitri dan Idul Adha tahun lalu, kemudian Pilkada Serentak. Sepekan setelah itu selalu diikuti oleh peningkatan jumlah kasus. Pola ini harus bisa diantisipasi, termasuk dalam masa vaksinasi,” tegas Prof Tasrief.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pemerintah dan masyarakat tetap harus waspada. Over-confidence harus dihindari. Dalam masa pandemi yang belum reda ini, pembatasan interaksi sosial secara sukarela oleh masyarakat mestinya dapat dilakukan. Dengan begitu, jumlah kasus akan signifikan menurun.

Pada saatnya, ketika program vaksinasi sudah menjangkau 50% penduduk, maka tentu jumlah kasus juga akan signifikan menurun.

“Perlahan, gelombang ini akan berlalu, dan tentu kita berharap tidak ada lagi gelombang yang lain. Cukuplah gelobang kedua, sebagaimana yang sedang kita alami,” tutup Prof Tasrief lugas. (endra/fajar)

Bagikan berita ini:
5
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar