Besok Abu Bakar Ba’asyir Bebas, Mahfud MD: Sudah Ada Mekanisme Pengawasan

Kamis, 7 Januari 2021 09:14

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir (Dok.JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Tidak ada perlakuan khusus dari pemerintah Jokowi- Ma’ruf Amin terkait pembebasan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir (ABB) yang akan bebas murni pada Jumat (8/1/2021).

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, Dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD merespons pembebasan Abu Bakar yang akan dilakukan pada Jumat besok (8/1).

“Itu hak ABB secara hukum untuk dibebasmurnikan. Sebab dia telah selesai menjalani hukumannya secara penuh (selama 15 tahun),” kata Mahfud kepada wartawan, Rabu (6/1).

Ia memastikan, pembebasan Baasyir dilakukan dengan melalui mekanisme penanganan hingga pengawasan.

“Tak ada perlakuan atau persiapan khusus oleh pemerintah untuk pembebasan ABB itu. Sudah ada mekanisme penanganan dan pengawasan,” tandasnya.

Abu Bakar Baasyir akan dibebaskan pada 8 Januari 2021 setelah menjalani masa pidana selama 15 kurungan di Lapas Khusus Kelas IIA Gunung Sindur usai divonis melanggar Pasal 15 Jo 7 UU 15/2003 tindak pidana terorisme.

Ia divonis pada 2011 oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan dianggap terlibat dalam pendanaan latihan teroris dan mendukung teroris di Indonesia.

Sementara itu, sejumlah pihak mengaku kuatir kedatangan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir, terpidana teroris yang siap bebas pada hari Jumat (8/1) besok, akan disambut seperti kedatangan Habib Rizieq Shihab.

Komentar