Populasi Kucing Liar Diprediksi Melebihi Jumlah Penduduk, LAI Lakukan Ini

Kamis, 7 Januari 2021 19:07

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (DKPKP) mencatat populasi kucing liar di Jakarta pada 3 tahun ke depan akan melebihi populasi penduduk di Jakarta dan sekitarnya.

Membayangkan berbagai masalah yang akan terjadi akibat pertumbuhan populasi yang tidak terkontrol ini, maka Let’s Adopt Indonesia (LAI) melakukan kegiatan Trap, Neuter, Return (TNR) atau kegiatan steril kucing liar dengan cara menangkap, mensterilkan dan melepas kembali kucing ke tempat asalnya.

Penanggung Jawab Operasional Let’s Adopt Indonesia, Carolina Fajar, menjelaskan TNR adalah salah satu kegiatan utama yang telah dilakukan oleh LAI semenjak 3 tahun terakhir.

“Sampai November 2020, LAI sudah melakukan kegiatan steril pada 2.287 ekor kucing liar dan 142 ekor anjing sejak 2018,” kata Caroline, Kamis (7/1/2021).

Sebelumnya, ia mengaku Lets Adopt Indonesia (LAI) untuk pertama kalinya mendapatkan bantuan (grant) sebesar USD4.000 dari Neighborhood Cats lembaga nirlaba di Amerika Serikat.

Sehingga dari dana hibah tersebut, LAI melaksanakan kegiatan TNR di Pasar Basah Cikunir Bekasi dan wilayah sekitarnya, dengan target 100 ekor kucing pada periode Desember 2020 hingga Januari 2021.

“Kami sangat senang mendapatkan kepercayaan dari Neighborhood Cats. Dana ini menjadi tanggung jawab dan kehormatan besar bagi kami untuk melaksanakan amanat ini dengan baik,” ucapnya.

“Kepercayaan mereka kepada LAI untuk melakukan TNR harus dijaga dan dipertanggungjawabkan kepada publik,” sambungnya kemudian.

Komentar