PSBB Jawa-Bali Berlaku 11-25 Januari

Kamis, 7 Januari 2021 11:57

Tim gabungan dari TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP melakukan razia masker bagi warga yang melintas memasuki area Jakarta...

”Kalau di Jateng ini, misalnya Semarang Raya, Solo Raya, dan saya usulkan Banyumas Raya. Tiga ini yang menjadi perhatian, khususnya Semarang Raya dan Solo Raya yang kasusnya melonjak,” jelasnya.

Terkait dengan kesiapan pembatasan secara ketat, Ganjar menyatakan siap. Sebab, seluruh daerah berlatih sejak lama. ”Tinggal nanti kami sampaikan kepada bupati dan wali kota agar segera sosialisasi dan dilaksanakan,” ujarnya.

Ganjar membenarkan, kapasitas tempat isolasi dan ICU di Jateng sudah berada di atas batas aman, yakni ICU 64 persen dan tempat tidur isolasi 71 persen. Meski begitu, pihaknya terus melakukan penambahan dan sebenarnya kondisinya masih relatif aman.

”Tadi rapat, kami sepakat menambah 20 persen dari kapasitas yang ada,” paparnya.

Di Jawa Barat (Jabar), Gubernur Ridwan Kamil siap menindaklanjuti kebijakan pembatasan tersebut. Emil –sapaannya– menegaskan, di wilayah Jawa Barat, fokus penerapan WFH bakal berlaku untuk Bodebek dan Bandung Raya.

Keputusan itu disampaikan saat Emil berkunjung ke gudang penyimpanan vaksin Covid-19 Jawa Barat di kompleks Pergudangan Multiguna Modern Bizpark, Kota Bandung, kemarin.

”Arahan pertama, para kepala daerah memfokuskan persiapan perencanaan WFH untuk daerah yang kenaikannya (kasus Covid-19) tinggi, termasuk Jabar,” kata Emil.

Meski begitu, Emil belum menjelaskan secara teknis pemberlakuan PSBB. Dia berjanji menyampaikan teknis pelaksanaannya pada hari ini (7/1). Emil akan memaksimalkan sisa waktu untuk menyosialisasikan PSBB kepada masyarakat.

Komentar


VIDEO TERKINI